-->

Seberapa Besar Gaji Pegawai Bank Indonesia?

Berkarir di sektor perbankan khususnya di Bank Indonesia adalah hal terbaik yang bisa diraih para lulusan universitas. Bank Indonesia sebagai otoritas bank sentral memiliki tugas mengendalikan berbagai kebijakan mengenai keuangan negara Indonesia mulai dari sektor makro dan juga mikro. Sebagai bank sentral, Bank Indonesia membutuhkan kandidat terbaik mulai dari latar belakang pendidikan SMA sampai S3. Sudah banyak yang ngeh jika gaji pegawai Bank Indonesia memang cukup memuaskan.



Berkarir Bank Indonesia sangat terbuka bagi siapa saja yang memenuhi kualifikasi. Para peminat bisa memilih salah satu dari 4 pilihan jalur dalam rekrutmen pegawai terdiri dari :

1. Jalur Multi Level Entry (MLE)

Jalur ini hanya khusus bagi kandidat yang telah memiliki pengalaman kerja paling tidak 1 - 3 tahun. Kandidat berpengalaman dalam bidang IT dan financial trading menjadi keahlian yang kerap dicari. Jalur pegawai MLE nantinya akan ditempatkan dari tingkat G4 - G7. Gaji pegawai bank Indonesia dari jalur rekrutmen MLE dengan level G4 atau Manajer kira-kira Rp.26,18 juta / bulan. Tak hanya itu sebab mereka pun akan bisa membawa pulang beberapa jenis tunjangan.

2. Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM)

Merupakan jalur penerimaan pegawai untuk dialokasikan sebagai calon top level management. Jalur PCPM adalah pendidikan yang diberikan kepada para kandidat yang diterima  sekitar 3 bulan - 1 tahun. Para lulusan S1 yang berkesempatan masuk jalur ini mulai dari jurusan Ekonomi, Akuntansi, manajemen dan teknik industri. Posisi setelah mengikuti pendidikan PCPM yaitu asisten manajer (G3). Bagi yang belum paham strata jabatan di BI urutannya adalah : G1 (messenger atau office boy), G2 (Staf), G3 (Asisten Manajer), G4 (Manajer), G5 (Asisten Direktur), G6 (Deputi Direktur), G7 (Direktur), G8 (Direktur Eksekutif) dan G9 (Asisten Dewan Gubernur). Gaji pegawai Bank Indonesia lulusan jalur PCPM kurang-lebih Rp.17,72 juta / bulan masih ditambah beberapa tunjangan.

3. Pegawai Tata Usaha (PTU)

Ketentuan masuk ke jalur ini adalah lulusan D3. Jalur ini pun menyediakan semacam pendidikan dengan lama kurang lebih sama dengan PCPM. Sesudah menyelesaikan pendidikan dan diangkat sebagai pegawai, level yang diberikan adalah G2. Gaji pegawai Bank Indonesia dengan level G2 kurang-lebih Rp.12,72 juta / bulan dengan masih mendapat beberapa jenis tunjangan.

4. Kasir

Pekerjaannya adalah menangani triliunan uang masuk dan keluar tiap harinya. Jabatan ini hanya diperuntukkan kandidat pria berpendidikan minimal SMA. Tugas lainnya seperti menghitung uang dan mengedarkan uang ke berbagai perwakilan BI di seluruh Indonesia. Posisi Kasir pun bergaji tinggi. Gaji pegawai Bank Indonesia dengan level G2 besarnya  kira-kira Rp.12,72 juta / bulannya.

Selengkapnya daftar gaji pegawai Bank Indonesia adalah sebagai berikut :

- Gubernur BI gaji, Rp.170 juta / bulan
- Deputi Gubernur Senior gaji, Rp.169,44 juta / bulan
- Deputi Gubernur, gaji Rp.123,10 juta / bulan
- Asisten Gubernur, gaji Rp.99,67 juta / bulan
- Direktur Eksekutif/Direktur Senior, gaji Rp.83,06 juta / bulan
- Direktur, gaji Rp.57,68 juta / bulan
- Deputi Direktur, gaji Rp.49,36 juta / bulan
- Asisten Direktur, gaji Rp.32,86 juta / bulan
- Manajer, gaji Rp.26,18 juta / bulan
- Asisten Manajer, gaji Rp.17,72 juta / bulan
- Staf, gaji Rp.12,72 juta / bulan
- Asisten Pelaksana, gaji Rp.6,15 juta / bulan
LihatTutupKomentar